24 Mar 2014

Kuliner Mesir Favorit & Viral

Oke, temen-temen, postingan kali ini bukan tentang bahasa  ammiyah, tapi lirik-lirik makanan ala Mesir. Sebenernya agak males juga ngisi yang kayak ginian. Efeknya bisa buat yang baca pada nge"ces" nih. . Tapi berhubung banyak juga temen-temen yang pada nanya tentang makanan di Mesir, ya udah deh.. sikat aje lagi. . ;)

Sebelumnya udah pada tau belum, makanan pokok di Mesir itu apa aja? Ya, sebelum kita masuk lebih jauh ke macem-macem ikon makanan Mesir, paling nggak udah tau makanan pokoknya apa. Makanan pokok di Mesir itu gandum, beras, kacang foul dan adas.

Beras

Kalo beras pastinya udah pada tau kan pagimane bentuk dan penyajiannya. Jadi untuk jenis makanan yang ini kita keep aje. Tapi nanti kita bakalan ketemu jenis makanan yang pake beras dan penyajiannya yang berbeda.


Gandum

Umumnya, kalo yang dimaksud gandum itu roti. Ya, roti gandum. Orang Mesir menyebutnya Aisy. Jenis roti di sini bisa kita bedakan jadi dua macem. 

Khubz
Aisy
Pertama roti (khubz), kedua aisy. Menghidangkan makanan dengan roti aisy sangatlah sederhana. Cukup ditemani bubur kacang foul, ato bubur adas, dan tha'miah (sejenis gorengan terbuat dari foul). Ato yang lainnya yang nanti bakal kita bahas. Insyallah! . .   

Kacang Full dan Adas

Masih jenis kacang-kacangan, cara penyajiannya di masak sampe jadi bubur. Nih contoh gambarnya 


Hidangan Foul dan Aisy

Sop Adas


Wah, kayaknya pada enak nih ya ngeliatnya doank. Tenang, itu cuma gambar sampel. Nggak semua hidangan full dan adas senikmat yang ada di atas. Yah, bisa dibilang ada kesalahan teknis saat memasaknya :D ato juga emang sengaja dibuat sayur kacang. Kebanyakan, full dan adas ini sebagai makanan pelengkap, namun juga masuk kategori inti. Terlebih lagi full, temen makanan konsumsi berat paling merakyat. Cara hidangkannya seperti foto di atas. Mudah kan? 

Falafil / Tha'miah

Falafil ato tha'miah ini gorengan yang berbahan dasar kacang foul. Makanya disebutnya falafil. Sebagian orang menyebutnya tha'miah, artinya cemilan. Karena makanan jenis ini tidak hanya menjadi pelengkap makan berat, tapi juga bisa dimakan sebagai cemilan, kayak bakwan dan molen. . hehe 

Cemilan Falafil (coklat bulet)


Kusyari

Kusyari ini makanan campuran dari nasi dan adas. Dengan tumpahan sambel tomat dan taburan bawang. Untuk adasnya nggak dimasak sampe jadi bubur. Terkadang, temen-temen bisa temuin kusyari yang bahan intinya bukan pake nasi dan adas. Tapi pake mie dan makrunah. Lebih jelasnya, kita liat fotonya aja, yuk!

Meal Kusyari


Gimana, menggiurkan, bukan? :D Oke deh, untuk postingan kuliner pertama kita cukupin sampe di sini. . Nanti kita sambung lagi dengan makanan-makanan yang lebih menggiurkan lagi pastinya . . See ya! 


Bagikan

Jangan lewatkan

Kuliner Mesir Favorit & Viral
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.