11 Oct 2022

Kuliner Mesir Favorit dan Marakyat

Haiyaa temen-temen! Ketemu lagi di postingan kuliner ala Mesir. 


Potato

Siapa sih yang nggak kenal potato alias kentang? Makanan berat pengganti nasi juga sebagai lauk pelengkap. Di Mesir, kentang bisa dibilang salahsatu makanan favorit dan paling merakyat kayak falafel. Gampang didapet, murah meriah. Ada banyak macem makanan dan cemilan berbahan dasar kentang. Kayak chipsy, kentang goreng ala kfc dan panee, sayur kentang, dan masih banyak lagi makanan-makanan ala kentang. ;)

Kentang goreng ala kfc





Potato panee


Potato chipsy

Salahsatu produk snack potato chypsi

Mahsyi


Nah, mahsyi ini menjadi ikon makanan tidak hanya di Mesir. Tapi juga di beberapa negara tetangga kayak Syiria, Libanon, Palestina dan Yordan. Ibarat risol dan kue dadar, mahsyi pun demikian. Di Mesir, bahan dasar mahsyi adalah nasi dengan daging giling. Pembungkusnya variatif. Ada yang pake kol, daun anggur, terong, oyong, sampe burung dara. Ngebayanginnya gampang. Temen-temen ganti aja kulit risol ato kue dadar dengan daun anggur, pake kol juga boleh. Terus isinya diganti dech dengan nasi yang udah dicampur daging giling. Abis itu digulung-gulung kayak risol. . . Taraa! Gimana? Udah kebayang kan? Biar lebih oke ngebayanginnya langsung kita liat aja dech foto-fotonya. .


Mahsyi daun anggur

Mahsyi kusa

Mahsyi terong

Mahsyi kol

Hidangan  Mahsyi



Moussaka

Makanan yang berasal dari Yunani dan Turki ini cukup populer dan favorit juga loch di Mesir. Bahan utama Moussaka berupa terong dan tomat. Ditambahkan kentang, daging cincang dan keju. Selain terbuat dari bahan yang relatif mudah didapat, perpaduan lembut tekstur dan rasa khas dari terong bersama daging begitu menggugah selera dengan rasa cenderung oriental khas lidah Indonesia. Pokoknya nyesel dech kalo nggak nyoba! :D



Tursi / Acar


Jenis makanan ini pasti nggak asing buat temen-temen. Konon tursi ini berasal dari Iran, artinya rasa asem. Karena makanan ini memang rasanya asem.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kuliner Mesir Favorit dan Marakyat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.